Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Cobol


COBOL (Common Business Oriented Language) adalah suatu bahasa komputer awam ( High Level Language) yang berorientasi langsung pada permasalahan bisnis. COBOL hampir dapat digunakan pada semua komputer bila terdapat compiler COBOL-nya. Diciptakan pada tahun 1959 dan dikembangkan oleh suatu grup bernama CODASYL (Conference on Data System Language).
            Diperkenalkan pertama kali secara formal pada bulan Januari 1960. COBOL mempunyai banyak versi, sehingga untuk mempermudah penggunanya COBOL terus dikembangkan dan distandarisasi pada tahun 1968 dan 1974, diberi nama ANSI COBOL (American National Standard Institute COBOL)
 
1.     1. Apa yang kalian ketahui tentang input-output section?
Seksi ini menerangkan peralatan yang digunakan untuk memproses file baik sebagai media peralatan input atau media peralatan output
2.   2. Jelaskan perbedaan antara picture clause dan picture editing!
Pada picture clause digunakan untuk memberikan informasi pada compiler COBOL mengatur memori untuk data yang disimpan dan akan digunakan kemudian, sedangkan picture editing digunakan untuk melakukan perubahan bentuk data yang akan dicetak untuk output, agar lebih mudah dibaca.
3.   3. Sebutkan dan jelaskan jenis-jenisnya!
Picture Clause :
- Picture karakter 9
Digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk numeric, sedangkan untuk menentukan jumlah data yang disimpan ditentukan oleh banyaknya 9 yang anda ketik setelah perintah PlC
- Picture karakter A.
Digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk alphabetic dan bersifat rata kiri.
- Picture karakter X.
Digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk alphanumeric atau campuran huruf, angka dan special karakter. Bersifat rata kiri.
- Picture karakter V.
Digunakan untuk jumlah digit dibelakang koma untuk bilangan decimal, jadi picture karakter jenis ini hanya bisa digunakan bersama picture karakter 9.
- Picture Karakter P.
Digunakan bersama dengan picture karakter V, digunakan untuk menimbulkan angka 0, picture karakter ini jarang digunakan.
- Picture Karakter S.
Digunakan untuk memberi tanda minus (-), karena bila digunakan picture karakter 9 nilai default yang ditampilkan hanya nilai positif walaupun hasil dari perhitungan adalah negative
Picture Editing :
+ Picture editing karakter Z.
Digunakan untuk menghilangkan nilai 0 didepan bilangan, digunakan bersama picture clause 9.
+ Picture editing karakter $.
Untuk memberikan tanda $ pada output, letaknya diujung kiri.
+ Picture editing karakter (.) dan (,).
Karakter (.) digunakan untuk menunjukan letak posisi koma pada bilangan desimal. Karakter (,) digunakan untuk memberi bentuk koma, biasanya digunakan untuk menyatakan nilai uang.
+Picture editing karakter “-“
Jika anda menggunakan picture editing jenis ini maka bilangan akan dicetak minus, bila bernilai negatif , tetapi bila bernilai positif akan diganti dengan blank.
+Picture editing karakter “+”
Digunakan untuk memberikan tanda plus pada permulaan atau pada bagian akhir dari suatu bilangan. Jika nilai yang diberikan bernilai negatif (-) maka akan ditampilkan minus, tetapi jika nilai yang diterima adalah positif maka akan ditampilkan tanda positif (+).
+ Picture editing karakter DB dan CR.
Untuk memberikan akhiran DB atau CR pada suatu bilangan, biasanya digunakan untuk aplikasi akuntansi.
+ Picture editing karakter B.
Digunakan untuk menyisipkan blank pada posisi karakter B itu ada, untuk mengedit nilai data bukan numeric.
+Picture editing karakter “*”
Digunakan untuk mengganti nilai 0 pada suatu bilangan dengan tanda *
+ Picture editing karakter 0.
Digunakan untuk menyisipkan karakter 0 dimana karakter 0 itu berada.
+ Picture editing karakter “/”.
Digunakan untuk menyisipkan tanda “/” ada posisi karakter “/”
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar