Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengertian Organisasi part 3


Ancaman yang datangnya dari luar adalah ancaman yang datangnya dari berbagai organisasi lainnya dalam bentuk persaingan, baik secara wajar (persaingan sehat) maupun secara tidak wajar (persaingan tidak sehat), baik persaingan itu dilakukan secara terbuka maupun secara tertutup.
Dengan demikian organisasi dalam arti dinamis berarti organisasi selalu bergerak, tumbuh dan berkembang untuk mempertahankan eksistensinya.
Dari uraian di atas kita dapat mengatakan bahwa organisasi dalam arti dinamis merupakan proses kerjasama antara orang-orang yang tergabung dalam suatu wadah tertentu untuk mencapai tujuan bersama seperti yang telah ditetapkan secara bersama pula. Proses adalah langkah-langkah yang harus dilalui. Langkah-langkah yang harus dilalui dalam usaha mencapai tujuan bersama dimulai dari proses perencanaan (planning), proses pengorganisasian (organizing), pemberian motivasi (motivating), proses pengawasan (controlling) dan proses pengambilan keputusan (decision making). Proses tersebut sering disebut sebagai fungsi manajemen sehingga organisasi dalam arti dinamis disebut pula organisasi sebagai fungsi, yaitu organisasi yang memberi kemungkinan manajemen untuk bergerak.
            Organisasi sebagai proses juga memandang organisasi dari segi interaction antara orang- orang dalam organisasi dapat berlangsung secara formal, dan secara informal.
Hubungan formal adalah hubungan –hubungan yang mengikuti pola seperti yang telah diatur dalam dasar hukum pendirian organisasi, sesuai struktur organisasi. Hubungan informal adalah hubungan- hubungan yang terjadi dalam organisasi yang tidakj terikat oleh dasar hukum pendirian organisasi, tidak terikat oleh hirarki, dan tidak terikat oleh aturan-aturan yang ditetapkan secara resmi oleh pemimpin organisasi.
Hubungan-hubungan informal berdasarkan kepada hubungan-hubungan pribadi atau personal relations, dan atas dasar kesamaan kepentingan didalam organisasi. Interaksi yang terjadi didalam organisasi dapat terjadi antara atasan dengan bawahan, antara bawahn dengan atasan, dan sebaliknya.
Kesimpulan yang dapat kita ambil lebih lanjut ialah bahwa organisasi itu tidak hanya sekedar sebagai wadah saja, tetapi juga sebagai sistem kerja sama, sebagai sistem tata hubungan kerja, dan sebagai proses pembagian tugas.


Daftar Pustaka :
Wursanto, Ig. 2003, Dasar-Dasar Ilmu Organisasi, Andi, Yogyakarta

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar