Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Kesimpulan Dan Saran Dari Laporan Bahasa Indonesia



Kesimpulan
Kutipan adalah pengulangan satu ekspresi sebagai bagian dari yang lain, terutama ketika ekspresi dikutip terkenal atau eksplisit dihubungkan dengan kutipan ke sumber aslinya, dan ditandai oleh (diselingi dengan) tanda kutip.
Daftar pustaka merupakan sebuah halaman yang wajib ketika membuat buku atau karya tulis, hampir semua karya tulis selalu mencatumkan daftar pustaka diakhir karangannya, hal ini dibuat untuk mempermudah pembaca yang ingin meninjau lebih jauh tentang apa yang sudah ditulis, selain itu bisa juga sebagai acuan untuk melakukan pengecakan apakah sudah sesuai dengan buku yang tertera dalam daftar pustaka.
Catatan kaki adalah daftar keterangan khusus yang ditulis di bagian bawah setiap lembaran atau akhir bab karangan ilmiah. Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar, menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan/bibliografi.
Jadi, apabila menulis suatu karya tulis kemudian kita mengutip kata-kata dari sumber lain maka diwajibkan untuk menggunakan tanda kutip (“) ketika mengawali dan mengakhiri kalimat yang digunakan. Karena, apabila tidak disertai dengan tanda kutip (“) maka tidak ada perbedaan dengan apa yang kita tulis & apa yang kita cantumkan. Padahal yang kita cantumkan itu merupakan pernyataan dari orang lain (seorang tokoh).
Begitu pula dengan daftar pustaka, wajib dicantumkan sumber-sumber mana saja yang digunakan dalam pembuatan karya tulis yang telah dibuat. Tujuannya jelas agar orang yang membaca bisa mengetahui sumber dari mana saja yang kita gunakan dalam pembuatan karya tulis.
Apabila ada keterangan khusus yang harus dijelaskan dalam karya tulis, maka diwajibkan pula menggunakan catatan kaki, agar keterangan yang dicantumkan dapat dipahami dengan jelas.
Dari ketiga buku yang dianalis, ketiga buku tersebut sudah memenuhi tata cara penulisan kutipan, daftar pustaka dan catatan kaki yang baik. Akan tetapi ada sedikit kesalahan penempatan titik pada buku Sosiologi Suatu Pengantar.
           
Saran
           
Diharapkan dalam setiap karya tulis, tata cara penulisan karya tulisnya harus sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada. Misalnya, apabila mengutip diawali dengan tanda kutip (“) , kemudian dicantumkannya daftar pustaka yang sesuai dengan aturannya agar sumbernya dapat diketahui dengan jelas oleh pembaca. Karena apabila ada kesalahan dalam penulisan maka artinya pun akan berbeda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar