E-government adalah istilah mengenai kegiatan pemerintahan yang
menggunakan media teknologi dan informasi, dalam memberikan informasi dan
pelayanan untuk warganya, serta hal-hal yang lainnya yang berhubungan dengan
pemerintahan. E-government merupakan pemanfaatan telematika dalam bidang
pemerintahan. Dalam e-government telematika lebih kepada membantu dalam konteks
pembangunan. Baik negara maju maupun berkembang, telematika digunakan dalam
beberapa sektor seperti menurunkan biaya untuk mengakses informasi,
berkomunikasi dan melaksanakan berbagai kegiatan transportasi.
E-Government dapat diaplikasikan pada legislatif,
yudikatif, atau administrasi public yaitu:
- Untuk menyampaikan pelayanan public.
- Untuk meningkatkan efisiensi internal.
- Proses kepemerintahan yang demokratis.
Keuntungan yang paling diharapkan dari e-government adalah aksesibilitas yang
lebih baik dari pelayanan publik , kenyamanan, peningkatan efisiensi.
Ada empat model pengiriman E-Government, antara lain
:
1. Government-to-Customer (G2C)
2. Government-to-Business (G2B)
3. Government-to-Government (G2G)
4. Government-to-Employe (G2E)
Adapun tujuan dari dibangunnya E-Government itu
adalah pembentukan jaringan dan transaksi layanan public yang tidak dibatasi
sekat waktu dan lokasi, serta dengan biaya yang terjangkau masyarakat.
Beberapa manfaat dari E-Government, diantaranya
sebagai berikut :
- memberikan layanan yang lebih baik pada
masyarakat. Informasi dari pemerintah dapat disediakan 24 jam sehari, 7 hari
dalam seminggu tanpa harus menunggu dibukanya kator pemerintah. Informasi dari
pemerintah dapat dicari dan diperoleh dari kantor, rumah tanpa harus secara
fisik harus datang ke kantor pemerintah.
- Pemberdayaan masyarakat dilaksanakan melalui
informasi yang mudah diperoleh. Adanya informasi yang mencukupi, maka
masyarakat akan belajar untuk menentukan pilihannya di dalam mendapatkan suatu
informasi yang diperlukan.
- Adanya E-Government diharapkan pelaksaan
pemerintah akan berjalan lebih efisien karena koordinasi pemerintah dapat
dilakukan melalui pemanfaatan teknologi informasi.
Untuk dapat mengembangkan e-Governmet dengan baik diperlukan front office dan back office yang mampu memberikan layanan pada masyarakat di setiap kantor pemerintah.
Untuk dapat mengembangkan e-Governmet dengan baik diperlukan front office dan back office yang mampu memberikan layanan pada masyarakat di setiap kantor pemerintah.
Kesimpulannya, e-government merupakan salah satu
pemanfaatan bidang telematika dalam pemerintahan. E-government disini
diperlukan untuk mempermudah masyarakat dalam mencari suatu informasi terkait
dengan pemerintahan. Sejalan dengan manfaat dari telematika, yaitu mempermudah
pertukaran data, gambar, video maupun informasi antara satu dengan yang
lainnya.
Sumber :
0 komentar:
Posting Komentar